Tips Melacak Smartphone Android Yang Hilang

Konten [Tampil]


Mungkin sebagian dari kita sering kali mendapati lupa meletakan ponsel kita atau bahkan yang lebih buruk ponsel kita hilang saat bepergian di luar. Ini jelas bukan suatu keadaan yang kita inginkan, namun seperti kata pepatah “sedia payung sebelum hujan”, kita juga patut mempersiapkan segala sesuatunya sebelum hal yang kita tidak inginkan terjadi.
Kali ini penulis akan membagi tips bagi pengguna smartphone berbasis Android tentang bagaimana cara mendeteksi lokasi smartphone Android yang hilang.
Untuk tips kali ini kita pertama-tama harus mempersiapkan konfigurasinya terlebih dahulu. Tips ini hanya berlaku untuk perangkat Android yang sebelumnya telah melakukan konfigurasi di pengaturan Google. Mari langsung saja kita membahas langkah-langkah nya.
Setelan Google
Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah mengatur pengaturan keamanan pada setelan Google. Yang menjadi nilai lebih adalah, tidak diperlukannya aplikasi pihak ketiga karena tips ini hanya menggunakan fitur bawaan Android, yaitu Android Device Manager. Untuk langkahnya sebagai berikut :
  • Masuk ke Setelan Google.






Setelan Google terdapat pada lingkaran merah

Setelan Google terdapat pada lingkaran merah

  • Masuk ke menu keamanan.
Keamanan
  • Pada bagian ‘Pengelola Perangkat Android’ beri ceklis pada ‘Cari lokasi perangkat ini dari jarak jauh’ dan ‘Izinkan mengunci dan menghapus dari jarak jauh’
Check List
  • Setelah itu nyalakan GPS pada smartphone Anda.
GPS On
  • Setelah semua setelan telah dilakukan Anda dapat mecobanya dengan meletakan ponsel Android Anda ke tempat lain, semisal dirumah teman atau saudara.
  • Sebagai catatan, akses data operator hasus tersambung dan sebelumnya Anda telah melakukan login akun Gmail di perangkat Android Anda.
Untuk sekedar mencobanya dibutuhkan perangkat yang akan dijadikan remot atau pengendali seperti perangkat PC, laptop, atau smartphone lain. Nah berikut ini adalah cara melacak lokasi ponsel Android yang telah diseting seperti di atas tadi.
  • Langkah pertama Anda harus membuka situs Android Device Manager .
  • Akan tampil seperti gambar dibawah, kemudian login menggunakan akun Gmail Anda, ingat bahwa Anda harus memasukan akun Gmail yang sama dengan akun yang sudah login pada ponsel Android Anda.
Map
  • Setelah berhasil masuk Anda akan disuguhkan tampilan peta dengan tools pencarian untuk melacak ponsel Android.
Locating
  • Tunggu hingga proses pencarian selesai, dan jika lokasi gagal ditemukan, coba klik icon GPS yang ada di pojok kanan atas pada kolom pencarian.
  • Jika lokasi sudah ditemukan maka akan nampak seperti gambar dibawah ini. Gambar di bawah merupakan contoh lokasi ponsel Android penulis yang sedang dilacak keberadaannya. Jika lokasinya akurat maka akan tampil alamat dimana ponsel Anda berada.
Lok
  • Nantinya lokasi dimana ponsel Android Anda berada akan dilingkari oleh lingkaran berwarna biru, itu adalah jangkauan area estimasi GPS.
Lokasi
Didalam kolom peralatan terdapat tiga pilihan yang fungsinya cukup hebat.
tools
  • Yang pertama ada tombol Ring/Deringkan, fungsinya untuk membunyikan nada dering pada ponsel Android kita dengan volume maksimal selama lima menit meskipun sebelumnya ponsel Anda dalam keadaan silent/diam. Tujuannya agar memudahkan kita untuk mencari jika ponsel kita letaknya tersembunyi.
  • Yang kedua ada tombol Lock/Kunci, fungsi tombol ini untuk mengunci ponsel Android Anda secara permanen sehingga nantinya jika ada orang lain yang menemukan ponsel Android Anda tidak bisa mengakses ponsel Anda. Fitur ini sangat berguna jika Anda memiliki data/file yang sangat penting/privasi ketika ponsel Android Anda Hilang.
  • Yang terakhir ada tombol Erase/Hapus, fungsi dari tombol ini adalah menghapus semua data-data Anda dari jarak jauh. Penghapusan data meliputi foto, video, kontak, aplikasi, dan lain-lain. Fitur ini merupakan pilihan terakhir demi keamanan data Anda jika memang ponsel Anda tidak bisa ditemukan.
Cukup lengkap bukan tipsnya? Sejatinya tips ini hanya untuk antisipasi bilamana terjadi sesuatu yang buruk yang menimpa kita, semisal ponsel dicuri atau hilang. Tentunya kita tidak berharap hal seperti itu terjadi pada kita, namun alangkah baiknya bila melakukan antisipasi dini.
Sekian tips dari Berita Teknologi, semoga tips ini dapat berguna bagi Anda.
Advertisement
Advertisement