Kecanduan Smartphone Lebih Berbahaya Ketimbang Narkoba







CALIFORNIA – Kecanduan bukan hanya menimpa para pengguna narkotika, perokok berat atau pengonsumsi alkohol. Namun juga bisa menimpa para pengguna smartphone.

Hasil riset yang dilakukan Baylor University menjelaskan bahwa orang bisa kecanduan terhadap perilaku dan kebiasaan pengguna ponsel mulai bergantung pada ponsel mereka, dengan cara seperti halnya orang kecanduan obat-obatan, sebagaimana dilaporkan Android Authority, Jumat (18/9/2015).

Kepala study, Profesor James Robert, mencontohkan, jauh dari ponsel dapat membuat mereka merasa cemas dan panik. Kemudian, baterai ponsel mati bisa membuat kekacauan dan kecemasan terhadap pengguna. Selanjutnya, sejumlah kecanduan pengguna smartphone menemukan, pengguna ponsel dapat mengangkat suasana hati mereka.

Sama dengan pecandu narkoba, kecanduan smartphone juga bisa mengakibatkan pengabaian pada kehidupan pengguna meliputi pekerjaan, anak, dan tanggungjawab lainnya hanya untuk memerika FaceBook atau bermain Clash of Clans.

Kendati begitu, tentu saja tidak semua orang yang menggunakana ponsel berlebih merupakan pecandu smartphone. Pada saat ini, tidak ada skala yang baik untuk mengatur semua faktor yang terlibat dalam kecanduan ponsel.

Sebagai catatan, rata-rata pria dikatakan menggunakan telefon sekira 8,5 jam sehari, dengan rata-rata wanita menggunakan telefon sekira 10 jam.

Copyright © 2019

Android Top Info